Kesenian Indramayu - Nadran

Nadran Merupakan mensyukuri hasil tangkapan ikan, mengharap peningkatan hasil di tahun mendatang dan berdo'a agar tidak mendapat aral melintang dalam mencari nafkah di laut, hal ini adalah maksud utama dari Upacara Adat Nadran yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Selain upacara ritual adat, kesenian tradisional serta pasar malam pun diselenggarakan selama seminggu.
Umumnya Upacara Adat Nadran diselenggarakan antara bulan Oktober sampai Desember yang bertempat di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, dan Glayem.
read more “Kesenian Indramayu - Nadran”

Kesenian Indramayu - Ngarot

Ngarot merupakan Upacara Adat Ngarot adalah salah satu Upacara Adat yang sejak abad 16 sampai saat ini masih diselenggarakan oleh masyarakat Desa Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Lokasi penyelenggaraan ± 17 Km dari kota Indramayu. Ngarot atau Kasinoman dilaksanakan setiap hari Rabu, minggu keempat Bulan Nopember. Pelaku Ngarot adalah para muda-mudi dengan kostum yang khas dan aksesoris yang gemerlap merupakan daya tarik even pariwisata. Selain kesenian tradisional, Tari Topeng, Ronggeng Ketuk yang digelar bersamaan, juga dimeriahkan pula dengan pasar malam yang berlangsung selama seminggu.
read more “Kesenian Indramayu - Ngarot”

 
Blogger Indramayu | Designed by Techtrends | © 2007-2008 All rights reserved