Kota Indramayu - Kilang Minyak Balongan Indramayu

Kilang Minyak Balongan Indramayu merupakan sumber minyak dan gas yang terletak 6 Km, dari pusat Kota Indramayu yang dikelola oleh Pertamina UP.VI. Sebagaimana proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan hasil lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata IPTEK ke Indramayu.
Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksikan oleh Raden Aria Wiralodra sebagaimana tercantum dalam Prasasti Aria Wiralodra yang di tulis dalam Bahasa Jawa, sebagai berikut:

"Nanging benjing Allah nyukani, kerahmatan kang linuwih, Darma Ayu mulih harja, tan ana sawiji pertelanya. Yen wonten taksana nyabrang kali Cimanuk, sumur kejayaan deres mili, Delupak murub tanpa patra, sadanya pan mukti malih, somahan lawan prajurit, rowang lawan priagung, samya tentrem atinya, sada haja rumuli, ing sekehing Negara pada harja".

Yang Artinya:
"Akan tetapi kelak nanti Allah melimpahkan, rahmat-Nya yang melimpah, Darma Ayu kembali makmur, tak ada satu hambatan tandanya. Jika ada ular menyebrang Kali Cimanuk, sumur kejayaan mengalir deras, lampu menyala tanpa minyak, semua kembali hidup makmur, manunggal dengan prajurit, membantu penguasa, hidup aman dan tentram, semua kembali makmur, seluruh Negara hidup makmur".

0 comments:

 
Blogger Indramayu | Designed by Techtrends | © 2007-2008 All rights reserved