4 Cara Membuat Blog Berkualitas

Seorang blogger sangat menginginkan agar dapat membuat blog yang berkualitas. Pertanyaan nya sekarang bagaimana cara membuat blog yang hebat dan berkualitas?
Ini ada bebrapa tips untuk mewujudkan nya:

Tips 1: Posting yang Bermanfaat

Saat memilih entri untuk posting blog, coba tanyakan pada diri kita sendiri: apakah posting ini akan bermanfaat bagi orang lain? Semakin besar efek atau manfaat yang akan ditularkan oleh sebuah topik, semakin besar peluang topik tersebut untuk dijadikan entri yang bagus untuk blog.

Saat menuliskannya, usahakan posting tersebut dilengkapi dengan taut-taut terkait sebagai resources bagi pembaca. Tujuannya, agar posting kita tersebut semakin bermanfaat.

Tips 2: Olah Jadi Headline yang Kuat

Ketika sebuah topik yang bagus sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah menjadikannya head-line alias kepala berita. Caranya? Raciklah topik tersebut sehingga menjadi sebuah posting yang penting dan pertajam dengan judul yang berisi dan mengundang rasa ingin tahu.

Judul yang tak bermakna seperti “Aduuuh !!!” tentu tak ada apa-apanya dibanding, misalnya, “Lima Jurus Pamungkas Atasi Migren”. Jadi jangan anggap enteng judul.

Mengapa? Karena judul yang menarik (catchy) akan tercokok saat orang memantau posting kita pada Feed/RSS reader-nya. Jika judul sebuah posting tidak jelas, besar kemungkinan, pembaca akan melewatkannya begitu saja. (Ingat, biasanya terdapat puluhan, bahkan ratusan entri dari berbagai blog dalam sebuah RSS reader!)

Tips 3: Sajikan Posting yang Enak Dibaca

Mengingat pembaca tidak punya banyak waktu, maka usahakanlah menampilkan posting yang gampang dibaca (scannable). Misalnya dengan menulis dengan gaya pointer atau memanfaatkan simbol seperti bullet dan lain-lain.

Tips 4: Tulislah dengan Ringkas dan Padat

Usahakanlah menulis posting dengan ringkas, tajam dan sistematis. Jangan bikin paragraf yang terlalu panjang dan bertele-tele, kecuali Anda memang berniat menganiaya pembaca Anda -)

Jika sebuah ide/kalimat bisa disampaikan dalam lima atau tujuh kata misalnya, mengapa harus menyampaikannya dengan 20 kata?

Gitu ja deh tipsnya, artikel ini diadaptasi dari TheGadgetNet, dan semoga bermanfaat.
read more “4 Cara Membuat Blog Berkualitas”

Cara Membuat Blog Di Blogspot Bag 2

Ini merupakan lanjutan dari posting artikel saya terdahulu tentang cara membuat blog di blogspot untuk pertama kalinya ( mendaftar dan membuat). Sedangkan pada artikel akan dibahas menga cara mengisi artikel pada blog yang telah dibuat sebelumnya, Panduan mengisi artikel yang saya bahas di sini bukan hanya mengisi tulisan-tulisan saja, tetapi juga mengisi blog dengan gambar atau foto agar posting kamu nantinya tampil lebih maksimal. Sebenarnya pada artikel yang pertama juga saya tuliskan cara mengisi artikel, tetapi saya rasa kok terlalu singkat, makanya saya buatkan posting khusus tetang cara mengisi artikel pada blog. Untuk mengisi artikel atau posting blog di blogspot ikuti langkah-langkah di bawah ini

Pertama tentu saja login ke bloger dulu ya…… masuk ke alamat situ www.blogger.com

 
Tunggu beberapa saat sampai tampil halaman seperti gambar seperti di bawah ini, 

Lalu kamu klik tombol Menu  entri baru, maka akan muncul seperti tampak gambar seperti ini
Supaya lebih jelas lagi saya beri tahu fungsi masing-masing tool bar pada jendela posting ini ya…

0 kolom Judul
1. Model huruf
2. Ukuran huruf
3. format huruf tebal
4. format huruf miring
5. coret huruf (kata)
6. warna huruf
7. memberi warna dibawah huruf
8. menyisipkan link
9. memberikan gambar / upload gambar
10. memotong paragrap (agar pada halaman utama hanya tampil sebagian),
11. format perataan teks, (rata kanan, rata kiri, rata kanan kiri, rata tengah)
12. penomoran
13. bulet
14. blockquote
15. menghapus format
16. penyecek tata bahasa (berlaku untuk bahasa inggris)
17. Untuk memposting dan menyimpan artikel yang telah selesai di ketik
18. untuk menyimpan tanpa memposting artikel dulu
19. melihat tampilan artikel
20. memberikan nama ketegori posting
21. pilihan posting (seperti pilihan mengizinkan pengunjung untuk berkomentar, dan pilihan tidak mengizinkan pengunjung untuk berkomentar)
22. tempat menulis artikel
Cara Mengiri Mengisi artikel (posting artikel blog)
Tulis judul artikel pada seperti nomor 1, kemudian tulis artikelmu pada nomor 22, saya sarankan untuk menyelesaikan menulis artikel terlebih dahulu. kalau sudah selesai tinggal memformat artike kamu. Jika ingin mewarna, menebalkan, atau mengatur posisis pertaaan teks, awalilah dengan mengblok kalimat atau  kata yang akan di format.

Menyisipkan gambar pada artikel (upload gambar atau foto)

Untuk menyisipkan gambar, klik icon nomor 9 (lihat keterangan gambar  poin C di atas), kemudian nanti akan tampil jendela  Add an Images, pada jendela itu terdapat dua pilihan yaitu polihan Uploaded images dan Web Adress (url). Uploaded images berati menyisipkan gambar dengan cara mengUpload dulu file gambarnya. sedangkan Web Addres berarti menyisipkan gambar dengan cara menuliskan alamat web file gambar (misalnya seperti ini http://ariesaksono.files.wordpress.com/2008/05/masjid-kubah-emas-05.jpg )
pada contoh ini kita gunakan opsi yang pertama, yaitu opsi uploaded images, klik pada tombol Browse.

Setelah kamu klik pada tombol Brows, maka akan tampil jendela File Upload, pilih salah satu gambar yang akan diupload, pada contoh ini yang saya pilih adalah gambar handphone, setelah dipilih klik pada tombol OK
Setelah kamu klik pada tombol OK, akan tampil proses upload ke server, tunggulah beberapa saat sampai proses uploading selesai.
Proses upload gambar telah selesai ditandai dengan munculnya jendela seperti gambar di bawah ini, lanjutkan dengan tombol OK
Setelah kamu klik tombol OK, gambar akan tampil pada kolom posting artikel, hasilnya seperti gambar di bawah ini. Pada bagian bawah gambar terdapat tombo tombol pembantu format gambar, seperti Smal, medium, large, x large itu untuk mengatur besar kecil gambar , sedangkan Left, center, right itu berfungsi untuk mengatur posisi gambar mau diletakkan di kanan, kiri, atau tengah,  dan tombol Remove untuk menghapus gambar
Jika gambar ditampilkan terlebih dahulu sebelum mengetik artikel terkadang anda akan keculitan meletakkan posisi kursor pada kolom penulisan artikel. maka untuk mengatasi hal itu klik pada tombol Edit HTML , maka akan tampil jendela formating  artikel dalam bentuk dasar HTML,  pada format HTML gambar yang tadinya terlihat akan digantikan dengan bentuk kode (perhatikan gambar di bawah), tulislah artikel di bawah kode gambar  atau di atas kode gambar sesuai dengan kebutuhan kamu.
Setelah selesai mengetik, klik pada Tombol Compose maka hasilnya akan tampil seperti gambar di bawah ini
Jika sudah selesai mengetik artikel dan memberikan gambar  jangan lupa berikan judul artikel, dan juga label artikel. pada contoh di bawah ini judul artikel saya tulis Sony ericson, sedangkan labelnya adalah handphone. jiks sudah diisi klik pada tombol terbitkan Entri
Setelah kamu klik tombol terbitkan entri, maka akan muncul tampil seperti gambar di bawah ini, yang menunjukkan bahwa artikel berhasil di posting. untuk melihat hasilnya klik pada tombol lihat entri.
Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Gimana ???? udah jelas apa belum???? Kalau belum silahkan tanya aja…. pada kolom komentar di bawah… nanti akan saya jawab semampu saya… karena saya juga masih dalam taraf belajar heheheh.

Terimakasih Buat RidwanAZ.com, Ilmunya sangat bermanfaat.
read more “Cara Membuat Blog Di Blogspot Bag 2”

Cara Membuat Blog Di Blogspot

Berikut ini merupakan cara membuat blog yang disediakan secara gratis oleh blogger.com. Mungkin atau pasti kamu pernah mendengar istilah blog atau webblog kan? blog tidak jauh berbeda dengan website. yang membedakan jika website hanyalah situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog atau webblog menyediakan informasi secara dua arah, jadi para pengunjung bisa memberikan komentar tentang artikel atau content yang disediakan oleh pengelola blog itu, atau istilah lain Admin. Oh ya istilah lain dari blog adalah CMS jika dipanjangkan jadi Content Management Sistem. sedangkan orang yang mempunyai blog istilah nya blogger

Sebenarnya saat ini ada dua layanan blog gratis yang sering digunakan oleh para bloger untuk ngeblog, yaitu blogspot (bloger) dan wordpress. Tapi kali ini saya akan memberikan panduan cara membuat blog dengan blogspot (blogger) saja. Alasan saya karena saya rasa cara membuat dan mengelola blog di bloger lebih mudah dibandingkan dengan di wordpress. Tapi satu saat ini saya usahakan akan membuat juga tentang panduan cara membuat blog di wordpress yang juga gratis tentunya.

oke lah… tanpa banyak berbasa basi lagi baca baaik-baik langkah-langkah cara membuat blog di bawah ini ya…

1. Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali. jika belum bisa atau belum membuat email baca di sini (klik di sini), disitu sudah saya bahas tentang langkah membuat email. Tenang saja tidak usah terburu-buru. Baca dulu panduan ini sampai habis, kemudian baru dipraktekkan. oke
2. Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com, dan pastikan yang muncul adalah website seperti di bawah ini
kemudian klik gambar panah orange yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA
3. Setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini
Pada kolom alamat email : masukan email kamu
ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas

Masukan sebuah paswod : isiakan kanta kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka)
ketikan ulang sandi : masukan lagi paswod yang telah kamu masukan sama dengan yang di atas

Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaa dengan posting, artikel yang kamu buat)

verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom.

pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya

jika sudah diisi semua lalu klik gambar panah orange (lanjutkan)

4. Kemudian akan muncul seperti ini
Isilah Judul Blog sesuai dengan keinginannmu
isi juga alamat blog sesuai dengan keinginanmu juga, jika alamatmu menggunakan 2 kata atau lebih. pisahlah dengan tanda titik ( . ) atau tanda ( – ). karena tidak bisa menggunakan spasi.
contoh pengisiannya seperti gambar ini
terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja link “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia
Jika sudah klik menu lanjutkan
5. Setelah kamu klik menu lanjutkan.. akan muncul halaman seperti ini
Itu adalah jendela disain template. untuk memilih tinggal klik salah satu. kemudian menu klik lanjutkan, maka yang muncul adalah gambar seperti ini
Dengan begitu kamu telah selesai membuat suatu blog…. sekarang tinggal mengisi dengan artikel kamu saja..

6. okelah langsung saja kita belajar mengisi artikel… Kliklah tombol panah Mulai Blogging
maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, gambar di bawah merupakan contoh pengisian artikel
Kolom judul untuk judul artikel
dalam kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel kamu
dan label untuk mengisi jenis kategory artikel.

Jika sudah diisi semua kemudian tekan menu MEMPUBLIKASIKAN POSTING, jika muncul seperti ini
Maka kamu telah berhasil membuat satu artikel, untuk melihatnya klik menu Lihat BLog

Maka yang tampil akan seperti ini
jika sudah muncul seperti itu.. kamu berati telah selesai dan berhasil membuat posting

7. Suatu saat jika ingin memposting artikel baru lagi, kamu tidak perlu mendaftar lagi… tinggal buka https://www.blogger.com/start, kemudian
masukkan email kamu, dan paswod kamu saja, kemudian klik menu “masuk” maka kamu akan di bawa ke menu dashboard,
Sesaat kemudian kamu akan masuk pada dasboard bloger kamu, di situ kamu bisa mengedit, membuat posting, ataupun mengatur setting blog kamu.
Dan yang terakhir, agar akun blogger kamu bisa digunakan secara penuh, jangan lupa konfirmasi dulu aku bloger kamu. caranya cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar, di situ akan terdapat satu buah email dari blogger berisi link konfirmasi. klik link tersebut, seperti gambar di bawah ini
Setelah kamu klik link tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini, menunjukkan akun blogger kamu sudah dikonfirmasi.
8. Oh iya jika kamu sudah mempunyai email di Gmail. kamu tida perlu mendaftar dari awal… tapi langsung saja masukkan alamat email gmail kamu dan paswod kamu, kemudian klik menu masuk.
jika menggunakan email dari Gmail, kamu tidak perlu memasukan paswod dan email lain ataupun capta kode lagi… tinggal masukkan nama tampilan saja
kelanjutan langkah-langkahnya sama dengan yang di atas….
sampai di sini dulu posting tentang langkah membuat blog di blogspot, semoga cukup mudah dipahami, jika kurang paham mohon maaf, dan bisa menuliskan komentar ada di bawah ini jika ada pertanyaan dan saran. terima kasih. dan selamat mencoba.

Mau lanjutin belajar Blog, lanjut di sini Cara Membuat Blog Di Blogspot Bag 2.

Terimakasih Banyak Buat RidwanAZ.com
read more “Cara Membuat Blog Di Blogspot”

Cara Membuat Email Di Gmail

Pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat email di Gmail, atau layanan email yang disediakan oleh si mesin pencari yaitu google. Saya rasa memiliki email di gmail hukumnya wajib, kenapa wajib? karena layanan email yang diberikan oleh google ini bisa dibilang layanan email terbaik abad ini. Saya mengatakan baik karena gmail meskipun gratis mempunyai kelebihan yang pantas dibanggakan dibandingkan layanan email yang lain. Salah satunya adalah kapasitas simpan yang besar dan selalu bertambah, hebatkan…??? biasanyakan kalau suatu ruangan ditambah isinya semakin berkurang.. eh ini malah ditambah…hehehe. Selain kapasitas simpan yang besar, layanan email dari google ini memiliki fasilitas penyaring email spam yang bagus, jika dibandingkan dengan yahoo.com. contohnya gini, jika kamu mendaftarkan sesuatu program di internet, kemudian kamu diminta memasukin email untuk verifikasi, dan kamu memasukkan email dari yahoo.com, maka lebih sering email verifikasi yang kamu terima masuk ke dalam kotak spam, padahal itu bukanlah spam.. tapi hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan layanan email dari google.com atau gmail

Okelah langsung aja saya berikan langkah-langkah membuat email di gmail (google.com)

1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk memakai mozila fire fox, karena lebih enak dan cepat menurut saya

2. masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau http://gmail.com atau kamu juga bisa masukan dulu http://google.com, kemudian klik menu gmail pada bagian atas jendela google
3. Kemudian pilih tombol [create an account] atau [sign up ke gmail]

4. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, dan hamper sama dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com, kalau kesulitan dalam mengisi karena formulir berbahasa inggris, tinggal gantit aja bahasanya pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran. Pilih bahasa sesukamu,
5. Untuk pengisian verifikasi kata, jika sulit dibaca, bisa diganti dengan klik pada simbul kecil yang ada disebelah kanan kotak isian verfikasi kata.
6.Kalau sudah diisi semua, tinggal klik tombol [I accept, Create my account] atau [Saya menerima. Buatkan akunku].. udah deh selesai
7. untuk mencoba menampilkan emailmu, lansung aja klik tombol [show me account] atau [saya siap – tampilkan account saya]

8. Untuk menghindari serangan spamer terkadang gmail meminta verifikasi menggunakan SMS handphone kamu, masukkan saja nomor handphone kamu untuk mendapatkan no verifikasi yang digunakan untuk aktifasi akun Gmail. jangan kawatir, nomor handphone ini hanya digunakan untuk verifikasi akun email, oleh google tidak akan diapa-apakan.
masukkan nomor handphone kamu pada kolom yang tersedia kemudian klik Tombol [send verification code to my mobile phone]
Sesaat kemudian kamu akan mendapatkan SMS dari google, berisi kode verifikasi. masukkan nomor kode tersebut pada kolom yang baru saja tampil.
kemudian klik pada tombil [verify] 9. setelah kamu klik verify, kamu akan menjumpai jendela seperti di bawah ini

klik pada Link yang saya lingkari pada gambar di atas.
8. Kamu akan di bawa ke dalam jendela kotak masuk email kamu, untuk pertama kali ada satu pesan masuk dari gmail sendiri. Untuk membukanya, ya tinggal klik aja pesan yang tampil ada kotak masuk.
 9.Untuk keluar dari gmail kamu harus klik sign-out, dan jangan langsung klik exit pada jendela browser kamu. Karena kalau kamu tidak sign-out dan langsung klik exit, nanti suatu saat jika ada orang lain yang membuka layanan gmail, maka yang tampil adalah account gmail kamu… bisa bahaya kan???? Hal ini bisa terjadi kalau kamu akses internetnya di warnet, kalau akses internet di pc pribadi sih tidak masalah.

10. Jika sudah sign-up dan kamu ingin membuka email, langkahnya buka http://mail.google.com, jika sudah tampil jendela gmail, masukkan id gmail, dan paswod kamu, kemudian klik [masuk] maka kamu akan di bawa ke kotak masuk gmail kamu…
Sekian langkah-langkah membuat email di gmail dari saya, semoga bermanfaat.

Terimakasih Buat : RidwanAZ
read more “Cara Membuat Email Di Gmail”

Cara Daftar Google Feedburner Untuk Blogspot

Untuk daftar Google Feedburner syaratnya cuman satu, yaitu punya Gmail account or email di google, Trus gimana cara daftar Google FeedBurner, Berikut Penjelasanya :

1. Masuk ke Google Feedburner
2. Masukin username dan password Gmail
3. Isi dengan alamat blog yang ingin dibuat feednya
4. Pilih salah satu sumber yang ingin diambil feednya .. pake yang Rss trus klik Next 
5. Trus anda isi Judul Feednya sama alamat sesuai dengan keinginan coz ini yang bakal terdisplay nantinya sebagai feednya anda
6. Selanjutnya kalo berhasil, anda akan dapetin ucapan dari Google Feedburner, beserta alamat feed, copas dan simpen .. kali aja nanti diperlukan, trus klik Skip directy to feed ..... biar cepet
7. Google Feedburner anda udah siap... sekarang tinggal optimalisasi aja, di tab Optimize , pastikan anda mengatifkan fasilitas SmartFeed dengan mengklik tombol Active coz dengan SmartFeed lah yang memungkinkan Feedburner anda bisa dipake dan dibaca disemua Feed Reader yang ada
8. Nah yang selanjutnya klik tab Publicize, silakan anda pilih sendiri fasilitas yang ingin diaktifkan dari Google Feedburner, yang paling sering di pake sih FeedCount ama Chicklet Chooser, tapi kalo punya Saya, diaktifin semua, anda pilih sendiri warna dan betuk dari FeedCount. copas kode scriptnya, untuk yang Email Subcription juga sama, copas kodenya.
9. Nah, untuk Chicklet Chooser, terdapat banyak banget chicklet kecil yang imut, sebenernya itu adalah banner-banner dari fasilitas Google Feedburner, silakan anda pilih satu or semua juga boleh, tapi scriptnya musti di copas satu persatu, coz tiap anda pilih satu Chicklet, kode script yang ada dibawah bakal berubah sesuai dengan fasilitas yang anda pilih. kalo Tia sih dicopas semua.. mumpung gratis dan imut-imut, lumayan buat hiasan blog juga
10. Langkah terakhir adalah masukin scriptnya dipostingan, seperti biasa deh anda login ke www.blogger.com trus masukin usename dan password, pilih Layout>> Page Element >> Add a Gadget >> HTML/Java Script jangan lupa klik tanda +
11. Pindahin tempatnya sesuai keinginan anda, jangan lupa klik Save. Selesai

Terima kasih banyak buat KAK Cyntiasari, semoga bermanfaat.
read more “Cara Daftar Google Feedburner Untuk Blogspot”

 
Blogger Indramayu | Designed by Techtrends | © 2007-2008 All rights reserved